Dunia, Gaza - Sekretaris Jenderal PBB, Antonio Guterres, mengecam pembangunan permukiman baru Israel di wilayah Palestina. Aktivitas itu, jelasnya, menjadi hambatan utama mencapai solusi dua negara dan proses perdamaian dengan Palestina.

Baca: Presiden Palestina Mahmoud Abbas Kutuk Serangan di Masjid Al-Aqsa

"Tidak ada rencana B untuk solusi dua negara," katanya, Selasa, 29 Agustus 2017, usai mengadakan pertemuan dengan Perdana Menteri Palestina Rami Hamdallah di Kota Ramallah, Tepi Barat.

"Solusi dua negara, mengakhiri pendudukan, menghentikan penderitaan rakyat Palestina adalah satu-satunya jalan untuk menciptakan perdamaian abadi," tambah Guterres.

Baca: Solusi Dua Negara, Palestina Siap Berdamai dengan Israel

Pernyataan itu disampaikan sehari setelah Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu bersumpah untuk tidak mencabut permukiman yang telah dibangun di Tepi Barat. Hal itu disampaikan hanya beberapa hari setelah utusan Gedung Putih untuk kawasan Timur Tengah mencoba memulai kembali perundingan damai dengan Palestina.

"Kami telah kembali ke sini untuk selamanya," kata Netanyahu. "Tidak akan ada penghancuran permukiman di Tanah Israel. Permukiman tersebut tidak akan tercerabut."

Menanggapi pernyataan Netanyahu, Guterres mengatakan kepada wartawan, Selasa, kedua belah pihak Israel dan Palestina harus menahan diri untuk tidak melakukan tindakan apapun yang dapat merusak prospek kesepakatan damai.

AL JAZEERA | CHOIRUL AMINUDDIN