Nasional, Jakarta - Juru bicara Wakil Presiden, Husain Abdullah, mengatakan Tjahjo Berharap JK Jadi Ketua Tim Sukses Jokowi di Pilpres 2019

Usulan agar Kalla menjadi ketua tim sukses Jokowi saat Pilpres 2019 diungkapkan Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo pada Selasa kemarin. "Mungkin Pak JK tidak maju lagi, mungkin beliau akan siap menjadi ketua timsesnya (Jokowi)," ujar Tjahjo seusai mengikuti rapat kabinet paripurna di Istana Merdeka, Jakarta. Politisi PDIP ini mengatakan hal tersebut saat dimintai tanggapan soal tahun politik yang kian dekat dan jadi pembahasan dalam rapat yang dipimpin Presiden Jokowi tersebut.

Husain mengatakan belum mengetahui apakah Tjahjo sudah membicarakan hal tersebut pada Kalla, atau hanya ungkapan spontan sebagai penghormatan pada Kalla. Namun yang jelas usulan tersebut terlihat musykil dilakukan.

"Apalagi saat kampanye nanti, kan tidak mungkin Pak JK larut dalam suasana kampanye Pilpres, sementara pemerintahan harus tetap berjalan," kata Husain.

Jusuf Kalla sebelumnya tegas menyatakan tak ingin maju lagi pada 2019. Dia ingin menikmati waktunya bersama keluarga dan cucu-cucunya paska pensiun sebagai Wapres pada 2019. Di sisi lain, Presiden Jokowi diperkirakan maju lagi dalam Pilpres 2019. Apalagi sejumlah partai telah menyatakan dukungan pada mantan Gubernur DKI Jakarta ini.

AMIRULLAH SUHADA