Bola, Jakarta - Klub Liga Italia, Juventus, berhasil menuntaskan proses transfer Benedikt Howedes dari klub Jerbman, Schalke. Bek Timnas Jerman tersebut bergabung sebagai pemain pinjaman dengan opsi pembelian pada musim depan.

Juventus hanya membayar 3,5 juta euro (Rp 55 miliar) untuk peminjaman pemain 29 tahun itu. Tapi mereka harus mengeluarkan 13 juta euro (Rp 206 miliar) bila jadi membelinya pada 1 Juli 2018. Sebagai syarat untuk pembelian itu Howedes harus tampil minimal 25 kali bersama Juventus.

Howedes antusias menjalani petualangan di Juventus. "Emosi saya seperti banjir," kata dia. "Ini adalah klub besar dan Turin juga merupakan kota yang sangat bagus."

Howedes mengatakan mendapat masukan dari rekannya di Timnas Jerman yang kini bermain di Juventus, Sami Khedira. "Dia mengatakan bahwa saya harus datang karena ini sangat indah. Ini adalah hari yang menyenangkan bagi saya," kata dia.

Howedes menjadi pemain ketujuh yang didatangkan Juventus musim ini. Sebelumnya Juve telah mendapatkan Rodrigo Bentancur, Douglas Costa, Wojciech Szczesny, Mattia De Sciglio, Federico Bernardeschi, dan Blaise Matuidi.

Juventus pun mengindikasikan aktivitas transfer mereka sudah tutup. "Saya pikir Howedes adalah perekrutan terakhir karena kami sangat senang dengan skuat yang dimiliki Allegri," kata CEO Juventus, Giuseppe Marotta. "Jadi, jangan harap ada perekrutan besar apapun di jam-jam terakhir bursa transfer."

Dalam dua laga Liga Italia musim ini, Juventus yang merupakan juara bertahan terus menang. Kini nilai mereka sama dengan AC Milan, Inter Milan, dan Napoli.

SOCCERWAY | NS