Bisnis, Jakarta - Gangguan pada Satelit Telkom 1 Bermasalah, Perbankan Pakai Satelit Alternatif

Plt. Deputi Komisioner Manajemen Strategis dan Logistik, Anto Prabowo, mengatakan memang ada beberapa jaringan ATM di beberapa bank terdampak, khususnya ATM yang memakai VSAT yang terhubung dengan satelit tersebut.

ATM ini umumnya berada di remote area, sedangkan sebagian besar ATM dan jaringan kantor bank yang umumnya sudah terhubung dengan fiber optic dipastikan tidak terkendala, baik untuk operasi mesin ATM maupun layanan kantor cabang yang melayani masyarakat.

"OJK dan Bank Indonesia sedang berkoordinasi dengan pihak Telkom untuk langkah mitigasi agar seluruh layanan perbankan segera dapat beroperasi normal sepenuhnya," ujar Anto dalam keterangan resmi pada Senin, 28 Agustus 2017.

Gubernur Bank Indonesia Agus Martowardojo menyampaikan bahwa industri perbankan sudah mengalihkan layanannya ke satelit lain pasca gangguan jaringan satelit Telkom 1 pada pekan lalu. Agus berkata, ada dua satelit alternatif yang bisa digunakan.

"Sebetulnya untuk satelit Telkom 1 itu sudah ada alternatif satelitnya, yaitu satelit Telkom 2 dan satelit Telkom 3S," ujar Agus seusai menemui Presiden Joko Widodo di Istana Kepresidenan, 28 Agustus 2017.

BISNIS