Gaya, Jakarta -Perjalanan bisnis bisa jadi tidak menyenangkan, terutama saat Anda tidak dapat 5 Mitos Olahraga Ini Ternyata Keliru

Padahal, olahraga dapat dilakukan kapan saja, bahkan tanpa bantuan alat sekali pun.
“Pada dasarnya, olahraga dapat dilakukan dimana saja,” ujar Noah Neiman, pelatih pribadi selebriti Hollywood, seperti Justin Bieber, sekaligus pendiri Rumble Boxing Gyms.

Neiman menjelaskan, olahraga yang Anda lakukan akan lebih efektif jika dilakukan secara rutin. Banyak sedikitnya waktu tidak jadi masalah, yang penting dilakukan berulang kali.

"Lakukan olahraga ringan, AMRAP (as many rounds as possible), semaksimal mungkin memanfaatkan waktu luang – bahkan jika tidak dapat dilakukan di fitness center hotel yang Anda inapi,” katanya.

Berikut olahraga yang bisa Anda pilih:

Pilih salah satu tahap di bawah ini, lakukan selama 12 menit, istirahat selama 30 detik per empat menit sekali (interval). Atau Anda dapat mengombinasikan ketiga tahap sekaligus.

Pemula

10 kali lunges
Lunges merupakan salah satu jenis olahraga yang bagus untuk membentuk badan, terutama kaki dan bokong. Jika dilakukan secara rutin, efektif  membakar lemak dalam tubuh. Pastikan punggung lurus saat memulai. Salah satu kaki ditarik ke belakang, tidak sejajar dengan kaki lainnya atau dengan kata lain, kedua kaki membentuk sudut 90 derajat. Dari sudut 90 derajat, perlahan-lahan kembali ke posisi awal, ulangi sebanyak 10 kali.

10 kali jumping jacks
Berdiri dengan posisi kaki rapat, melompat, buat posisi kaki terbuka dan tepukan tangan di atas kepala. Ulangi sebanyak 10 kali. Jumping jacks berfungsi untuk meningkatkan aliran darah ke seluruh tubuh. Otot kaki, perut dan lengan aktif bergerak saat melakukan olahraga jumping jack, itu sebabnya denyut jantung juga meningkat.

30 kali toe touches
Baringkan punggung di lantai, angkat kedua kaki setinggi-tingginya, sentuh ujung jari kaki dengan tangan, ulangi sebanyak 30 kali.

Intermediate

10 kali squat
Jika dilakukan dengan benar, squat berfungsi untuk mengencangkan otot bokong. Posisi jongkok 90 derajat, pastikan posisi punggung lurus. Membungkuk ketika melakukan squat dapat memperbesar risiko cedera. Ketika melakukan gerakan jongkok dan berdiri, usahakan posisi kaki terutama lutut dalam posisi sama agar tidak cedera. Ulangi sebanyak 10 kali.

10 kali push-up
Push-up berfungsi untuk menguatkan otot trisep dan bisep. Tidur tengkurap dengan posisi tangan berada di sisi kanan kiri badan. Dorong badan ke atas dengan kekuatan tangan, posisi kaki dan badan lurus. Badan diturunkan kembali tanpa menyentuh lantai atau tanah dengan posisi badan dan kaki tetap lurus, dilakukan secara berulang, ulangi sebanyak 10 kali.

30 kali bicycle crunches
Mirip seperti sit up, namun bicycle crunches lebih dinamis karena gerakan otot perut memanjang dan memendek. Baringkan punggung di lantai, tekuk lutut, silangkan lengan di depan dada atau letakkan tangan di belakang leher (kepala), angkat bahu menggunakan otot perut dan berhenti saat di puncak. Jangan mengangkat seluruh punggung dari lantai. Ketika bahu terangkat dari lantai, berhenti dan tahan selama satu detik atau lebih. Ulangi sebanyak 30 kali.

Mahir

10 kali burpee
Burpee atau yang juga dikenal dengan nama squat thrust merupakan olahraga tanpa peralatan yang paling efektif membakar banyak lemak.   “Burpee merupakan olah gerak seluruh tubuh, kaki, otot dalam tubuh (core) dan tangan, semuanya bergerak. Oleh sebab itu, detak jantung akan bertambah cepat,” ujar Jonny Roxx, pelatih kebugaran sekaligus koreografer penyanyi rap, Drake.

Burpee merupakan gerak jongkok (squat), tending kedua kaki ke belakang (kick feet back), push-up, kembali ke squat dan terakhir berdiri sambil loncat. Ulangi sebanyak 10 kali.

20 kali mountain climber
Mulai dengan posisi seperti push-up, tangan selebar bahu. Tarik lutut sebatas dada kemudian kembali ke posisi awal. Lakukan hal yang sama pada lutut lainnya untuk membentuk itit lengan dan bahu. Ulangi sebanyak 20 kali.

30 kali high knee
Lakukan gerakan melangkah dengan ritme cepat dan secara bergantian mendorong lutut bergerak naik ke atas sampai paha sejajar vertikal dengan tanah. Ulangi sebanyak 30 kali untuk dua hingga empat set di setiap kaki.

Jadi, perjalanan bisnis tak akan lagi menghalangi Anda untuk berolahraga bukan?

ESQUIRE | ESKANISA RAMADIANI