Dunia, Florida - Seorang pria 53 tahun dieksekusi mati karena melakukan pembunuhan berbau rasis di Florida, Amerika Serikat, dengan cara disuntik. Menurut otoritas setempat, eksekusi mati terhadap Mark Asay dilakukan pada pukul 18.22 petang waktu setempat, Kamis, 24 Agustus 2017.

Baca: Bunuh dan Perkosa Bocah 3 Tahun, Pria Amerika Dieksekusi

"Dia orang kulit putih pertama di Florida yang dieksekusi mati atas pembunuhan korban kulit hitam," kata Pusat Informasi Hukuman Mati.

Jaksa melalui keterangannya kepada media mengatakan, hukuman mati itu dijatuhkan kepada Asay terkait dengan komentar rasis dan pembunuhan yang dilakukan terhadap pria kulit hitam Robert Lee Booker, 34 tahun, pada 1987.

Baca: Amerika Hukum Mati Otak Serangan 11 September

Pada tahun yang sama, Asay juga didakwa melakukan pembunuhan terhadap Robert McDowell, 26 tahun, pria campuran kulit putih dan Hispanik.

Ketika ditanya oleh algojo mengenai permintaan akhir sebelum kematiannya, Asay menjawab tegas, "Tidak ada Pak, terima kasih."

Prosesi eksekusi mati dimulai pada pukul 18.10 waktu setempat (22.10 GMT). Ketika eksekusi itu usai dilakukan, Asay terlihat tidak bergerak dan dinyatakan meninggal oleh seorang dokter.

Sedikitnya 20 pria kulit hitam telah dieksekusi mati setelah terbukti membunuh korban kulit putih sejak negara bagian tersebut menjalankan hukuman mati pada 1976. Data yang dimiliki oleh Pusat Informasi Hukuman Mati menyebutkan, sejak hukuman mati itu diberlakukan di Florida, telah 92 tahanan dieksekusi.

AL JAZEERA | CHOIRUL AMINUDDIN