Gaya, Jakarta - Cuaca panas dapat membuat kaki Anda berkeringat lebih banyak dibanding area lain dan mengubah kaki Anda  bom bau. Bakteri yang menempel pada kulit dan terdapat di dalam sepatu dapat bertahan hidup karena adanya keringat, bakteri tersebut menghasilkan produk lain yang sangat bau.

Baca: Trik Membersihkan Sepatu Kets Putih agar Kembali Seperti Baru

“Proses alami, namun dapat Anda atasi dengan menjaga kaki tetap kering sehingga bakteri yang berkembang biak berkurang,” ujar Rondrick Williamson, DPM, seorang podriatrist (dokter spesialis kaki) dari Atlanta, Georgia.

Untuk mengusir bau kaki, Anda bisa mencoba resep dari Rondrick Williamson dan Al D’Angelantonio, podiatrist sekaligus asisten profesor dari Perelman School of Medicine di University of Pennsylvania, berikut ini:

Untuk kaki

Rendam dalam campuran air dan garam. Garam berfungsi untuk mengurangi kelembapan, sehingga jumlah bakteri yang bertahan hidup juga berkurang.  “Campur ½ hingga 1 sendok makan garam Kosher dengan satu bak air hangat. Rendam kaki selama 20 menit. Lakukan setiap hari selama dua minggu berturut-turut,” kata Al D’Angelantonio.sepatu yang akan Anda kenakan, tidak perlu menunggu lama, kenakan seperti biasa, bau tidak akan muncul dari dalam sepatu Anda,” ujar D’Angelantonio.

MEN’S HEALTH | ESKANISA RAMADIANI