Tekno, California - Misi Cassini, wahana Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA), yang mengorbit ke Saturnus, tinggal tersisa tiga hari lagi. Wahana tanpa awak ini memulai orbit terakhirnya pada 9 September lalu dan akan terjun ke atmosfer Planet Cincin tersebut pada 15 September mendatang.

Setelah masuk atmosfer, Cassini akan meledakkan diri. Namun, sebelum itu, pada 14 September, wahana ini akan mengambil foto Saturnus dari jarak dekat, serta mengirimkan data terakhir ke bumi.

Sebelum sampai pada posisinya seperti sekarang ini, Cassini sudah mengitari satelit alami Saturnus, Titan, April lalu. Ini merupakan misi yang dianggap paling berbahaya lantaran dia harus mengumpulkan data tentang usia cincin dan komposisi dari atmosfer planet.

Baca: Misi Bunuh Diri di Saturnus, 5 Fakta Pesawat Luar Angkasa Cassini

Untuk merayakan misi terakhir Cassini ini, NASA merilis sebuah video misi Cassini selama ini. Video bertajuk "NASA at Saturn: Cassini's Grand Finale" ini menceritakan perjalanan wahana antariksa tersebut.

Simak videonya selengkapnya di bawah ini:



Baca: Mengorbit Saturnus Selama 13 Tahun, Cassini Segera 'Bunuh Diri'

"Misi ke Saturnus memang gila, sungguh menakjubkan, dan liar," kata Linda Spilker, kepala ilmuwan Cassini di NASA Jet Propulsion Laboratory, seperti dilansir laman berita Reuters.

Cassini diluncurkan pada 15 Oktober 1997 dan masuk orbit Saturnus sekitar 7 tahun kemudian, 1 Juli 2004. Sejak saat itu, wahana ini mengungkap berbagai macam misteri Saturnus yang sebelumnya tak terjamah.

Wahana ini pula mengungkap fakta keberadaan air dan kandungan hidrogen di Titan. Temuan ini menjadi salah satu indikator bulan tersebut mendukung kehidupan. Tak hanya itu, Titan juga disebut memiliki beberapa ciri khas mirip bumi, seperti angin, hujan, dan lautan.

Baca: Langka, Cassini NASA Bisa Tembus Celah Saturnus

Simak terus detik-detik akhir misi bunuh diri Cassini dan kabar terbaru NASA hanya di kanal Tekno Tempo.co.

REUTERS | AMRI MAHBUB