Bisnis, Jakarta - Pekerja Bergelar Sarjana Jadi Incaran Perusahaan

Manajer rekrutmen Bank BNI, Aldo, mengatakan sejak pagi booth yang ditempatinya sudah ramai dikunjungi pelamar kerja.

"Kami menyediakan drop box untuk menampung surat lamaran. Setidaknya sampai dengan pukul 14.00 WIB, sudah lebih dari 1.000 surat yang drop box," ujarnya.

Sementara itu PT Kereta Api Indonesia (KAI) membuka lowongan kerja bagi pelamar dengan gelar S2, S1, D3, bahkan setingkat SMU/sederajat.

Manajer Rekruitmen Officer KAI, Iwan Darmawan, mengatakan pada jenjang pendidikan S2 lowongan terbuka untuk tenaga "specialist coaching", S1 untuk tenaga dokter umum, D4/S1 untuk posisi administrasi. Lulusan jenjang D3 untuk posisi kondektur, komersial, teknis konstruksi, teknik jalan rel dan jembatan. Selain itu terbuka juga peluang bekerja bagi lulusan SMU/sederajat untuk posisi petugas wesel dan langsir.

Baca: 10 Sinyal Wawancara Kerja Berhasil

Salah seorang pencari kerja, Fely (22 tahun), lulusan Fakultas Hukum Universitas Diponegoro, mengatakan berkarir di BUMN merupakan targetnya.

"Saya baru lulus April 2017. Saya memasukkan lamaran pekerjaan di 10 BUMN, kebetulan ada yang membutuhkan, semoga diterima," ujarnya.

Berbeda dengan Utami (24 tahun), lulusan Fakultas Teknik Universitas Indonesia mengatakan, BUMN Carrier Opportunity ini masih jauh dari yang diharapkannya.

"Jumlah BUMN yang membuka lowongan masih terlalu sedikit. Dari 118 BUMN hanya 25 BUMN, perlu diperbanyak untuk memperluas kesempatan berkarier di perusahaan milik negara," katanya

ANTARA