Gaya, Jakarta- 5 Jenis Makanan yang Bikin Artis Korea Gagal Diet

Disebutkan juga bahwa upaya kesehatan jiwa adalah setiap kegiatan untuk mewujudkan derajat kesehatan jiwa yang optimal bagi setiap individu, keluarga dan masyarakat. "Tentunya dengan pendekatan promotif, preventif, kuratif, dan rehabilitatif".

Agung menegaskan, kesehatan jiwa bukan hanya tanggungjawab bidang kedokteran jiwa atau psikiatri, tapi juga pemerintah dan masyarakat. "Dalam hal klinis memang peran utama kedokteran jiwa, tapi aspek penting dalam preventif dan promotif harus dilakukan secara terintegrasi dengan bidang keahlian dan sektor lain," ujarnya.

Dokter spesialis kedokteran jiwa Rumah Sakit Jiwa Dr. Soeharto Heerdjan, Nova Riyanti Yusuf, menambahkan, bahwa problem emosional terhadap penduduk DKI Jakarta tercatat 14 persen, "Ini lebih tinggi dibanding nasional 12 persen pada data 2007," kata dia. BacaAcha Septriasa Melahirkan: Berjuang 28 Jam Gara-gara Rahim Tebal?

Fakta tersebut jelas tak bisa diabaikan, karena menurut Ketua Perhimpunan Dokter Spesialis Kedokteran Jiwa Indonesia (PDSKJI) cabang DKI Jakarta ini, gangguan mental emosional dapat menyebabkan bunuh diri tertinggi kedua untuk rentang usia dari 15-29 tahun. "Depresi menjadi penyebab tertinggi kedua cause of illness pada 2020 menurut WHO (organisasi kesehatan dunia)," ujar Nova.

AFRILIA SURYANIS