Bola, Jakarta - Sutan Zico memborong dua gol saat Timnas Indonesia U-16 mengalahkan Laos 3-0 dalam pertandingan kualifikasi Grup G Piala AFC U-16 di Stadion Rajamangala Bangkok, Thailand, Jumat, 22 September 2017.

Selain membantu memastikan Indonesia lolos ke putaran final, dua gol membuat Sutan Zico berpeluang jadi top scorer. Ia kini sudah mengemas 10 gol dalam empat laga yang diikutinya.

Ia unggul empat gol dari Keita Nakano, dari Jepang. Meski terpaut cukup jauh, Nakano punya potensi menggagalkan harapan Sutan Zico menjadi pencetak gol terbanyak. Jepang baru bermain sekali dan enam gol itu diborong Nakano dalam satu laga itu, yakni saat Jepang mencukur Guam 20-0.

Pesaing lain Sutan Zico adalah Tyson Savas (Australia) yang sudah mengumpulkan 5 gol. Australia berlaga di Grup I dan baru bermain sekali, yakni mengalahkan Mongolia 10-1.

Dengan 10 gol, Sutan Zico saat ini memimpin daftar pencetak gol. Tapi, ia bisa saja dengan cepat tergeser oleh pemain. Apalagi banyak grup yang belum memainkan pertandingan sama sekali, seperti di Grup E yang menyertakan Yaman dan Qatar. Padahal melihat tren yang ada, kemenangan sangat besar sangat mungkin terjadi dalam pertandingan-pertandingan itu.

Daftar pencetak gol sementara kualifikasi Piala AFC U-16:
8 gol: Sutan Diego Zico (Indonesia)
6 gol: Keita Nakano (Jepang)
5 gol: Tyson Savas (Australia), Chony Wenpaserth (Laos).
4 gol: Yuji Yoshida (Jepang), Ra Nam-hyon (Korea Utara).
3 gol: Amiruddin Bagus Kahfi (Indonesia), Mochammad Supriadi (Indonesia), Hamsa Medari Lestaluhu (Indonesia), Ahmad Shariat Zadeh (Iran), Mohammad Jehad Ahmad Semreen (Yordania).

AFC | NS