Bisnis, Jakarta - Direktur Utama PT Telekomunikasi Indonesia (Pesero) Alex J Sinaga mengatakan peluncuran satelit Telkom 4 akan dipercepat.  "Ada kemungkinan jadwalnya maju," ujar Alex di Gedung Kementerian Komunikasi dan Informatika, Jakarta Pusat, Selasa, 12 September 2017.

Alex mengatakan satelit Telkom 4 akan diluncurkan pada 17 Agustus 2018. Peluncuran satelit tersebut sebagai ganti dari satelit Telkom 1 yang bermasalah.

Baca: Satelit Telkom 1 Bermasalah, Telkom Ingin Luncurkan Satelit Baru

Adapun Alex menolak isu satelit Telkom 1 hancur berkeping-keping. "Telkom 1 masih bisa berkomunikasi dengan Stasiun Pengendali Cibinong secara telemetri sampai hari ini," ujarnya.

Namun demikian, meski masih bisa berkomunikasi secara telemetri, Alex mengatakan akan mematikan fungsi satelit tersebut. "Berdasarkan hasil kajian Telkom ialah untuk di-shut down," ujarnya.

Menuju proses tersebut, Alex mengaku masih menunggu hasil kajian dari Telkom. “Saya belum bisa memberikan kepastian waktunya,” kata Alex.

Seperti diketahui sebelumnya, satelit Telkom 1 mengalami gangguan pada Jumat, 25 Agustus 2017. Satelit itu mengalami anomali yang mengakibatkan pergeseran pointing antena sehingga layanan transponder satelit itu terganggu. Dampaknya, beberapa stasiun televisi dan ATM bank offline.
 
M JULNIS FIRMANSYAH