Tekno, Beijing - Xiaomi sedang menembakkan sejumlah anak panah ke Apple hari ini. Selain ponsel, Xiaomi baru saja meluncurkan penantang Macbook Air yang didukung Windows dan dijual dengan harga terjangkau, sebagaimana dilaporkan Techcrunch.

Baca: Xiaomi Mi Mix 2 Diumumkan, Pakai Layar 6 Inci dan Snapdragon 835

Laptop Xiaomi pertama ini diarahkan ke Macbook Air saat diluncurkan pada musim panas 2016, dan perusahaan tersebut kembali menantang komputer Apple yang lebih mahal.

Mi Notebook Pro menampilkan layar 15,6 inci dan didukung oleh prosesor Intel Core i7 dengan RAM hingga 16GB dan chip grafis Nvidia GeForce MX150. Kombinasi itu membuatnya 40 persen kali lebih kuat daripada Mi Notebook Air keluaran tahun lalu, kata Xiaomi.

Mesin terbaru ini memiliki sensor sidik jari di dalam trackpad, dukungan SD card three-in-one, port USB-C dan USB biasa, jack headphone dan slot HDMI. Xiaomi tidak menyia-nyiakan waktu untuk menyoroti bahwa perangkat ini menawarkan pilihan yang jauh lebih banyak daripada seri Apple Macbook Pro terbaru.

Xiaomi Mi Notebook tahun lalu muncul dengan harga sekitar RMB 3599 (Rp 7,2 juta), namun versi Pro sedikit lebih mahal. Model mulai dari 5599 RMB (Rp 11,3 juta) untuk chipset i5 dengan 8GB. Versi i7 16GB dibanderol 6999 RMB (Rp 14,1 juta).

Baca: Xiaomi Mi A1 Janjikan Android Oreo Tahun Ini

Untuk ponsel, Xiaomi hari ini mengumumkan Xiaomi Mi Mix 2 dan Mi Note 3, sehari sebelum peluncuran ponsel unggulan Apple, iPhone 8.

TECHCRUNCH | ERWIN Z