Metro, Tangerang - Tim Pemeriksa Hewan Kurban Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Tangerang menemukan cacing hati (Fasciola) pada 4 ekor sapi dan seekor domba pada saat pemotongan hewan kurban Idul Adha pada hari ini, Sabtu, 2 September 2017.

"Sudah dilakukan afkir pada hati yang terinfeksi sehingga tidak dikonsumsi," kata Kepala Bidang Kesehatan Hewan dan Kesehatan Masyarakat Veteliner Dinas Pertanian Kabupaten Tangerang Febya Satyaningsih kepada Tempo, Sabtu, 2 September 2017.

BacaAda Cacing Hati di Sapi Jokowi

Menurut Febya, hewan kurban yang terinfeksi Fasciola itu ditemukan di Kecamatan Rajeg, Legok, dan Kosambi. Cacing hati ditemukan pada hewan sapi kurban ketika mulai dikuliti dan dipisahkan jeroannya. Jika ada sebagian hati mengandung beberapa ekor cacing hati, sebagian besar hati masih baik. "Jangan panik. Tidak apa-apa."

Febya menuturkan, petugas Dinas dan dokter hewan akan mengambil sebagian hati yang rusak berikut cacing hati pada hewan kurban Idul Adha tersebut. Jika akan dikonsumsi, hati hewan tersebut wajib direbus dulu hingga airnya mendidih dengan suhu 100 derajat Celcius. Namun, bagian hati yang penampilannya rusak utuh (terlihat jendol jendol kebiruan, kelabu atau malah tidak berbentuk hati) diminta tidak dikonsumsi.

Data sementara pemotongan hewan kurban Idul Adha 2017 di Kabupaten Tangerang sampai 2 September 2017 total sebanyak 4.663 ekor, terdiri dari sapi 873 ekor, kerbau 31, domba 2.687, dan kambing 1.072. Pemotongan hewan kurban, menurut Febya, masih akan berlangsung sampai besok, Ahad, 3 September 2017

JONIANSYAH HARDJONO