Bisnis, Kediri - Presenter Andy F Noya berharap para remaja tak menggantungkan pekerjaan menjadi Kemenkeu Buka Lowongan 2.880 CPNS, Apa Kriterianya

Pembawa acara program televisi Big Circle, yakni program yang menampilkan kiprah pelaku bisnis tanah air ini memperkirakan terjadinya tren anak-anak muda dalam memilih pekerjaan. Meski saat ini animo mereka untuk menjadi pegawai negeri sipil masih besar, namun perlahan-lahan telah mulai ditinggalkan.

“Ada tren menarik di mana anak muda sekarang mulai tidak tertarik bekerja di kantor, baik pemerintah maupun swasta,” kata Andy kepada Tempo usai memandu talk show enterprenuer yang diselenggarakan Kantor Perwakilan Bank Indonesia di Kediri, Selasa 12 September 2017.

Pertumbuhan media online yang begitu pesat, menurut Andy, memicu pergeseran minat mereka untuk berbisnis online. Bisnis ini menjadi pilihan di tengah sulitnya mengakses modal dari lembaga perbankan dan pemerintah bagi pelaku usaha rintisan atau startup.

Dengan berbasis online, pelaku usaha tak perlu lagi menyewa ruko, membayar tenaga kerja, dan memperluas jangkauan pasar dibanding mengelola toko.

Dia mencontohkan, ketidaktertarikan anak muda untuk menjadi karyawan juga telah mencetak pebisnis-pebisnis muda di segala bidang. Mereka juga lebih kreatif dalam membidik potensi sekitar untuk dikemas, dikelola, dan dipasarkan secara online. Salah satunya adalah Vania Santoso, remaja asal Gresik, Jawa Timur yang sukses memproduksi asesoris dari kertas semen.

Saat ini pemerintah sedang membuka lowongan untuk CPNS di berbagai kementerian dan lembaga negara. Jumlah formasi yang tersedia 37.156 posisi. Pendaftaran secara online selama dua minggu mulai 11 September 2017. Sampai pukul 15.30, Senin, 11 September 2017, sudah 35 ribu lebih yang mendaftarkan diri.
HARI TRI WASONO