Bisnis, Jakarta - Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) akan menjaring 93 pelamar terbaik dalam seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2017. Mereka akan mengisi 35 jabatan di lembaga tersebut.

Kepala Bekraf Triawan Munaf mengatakan kandidat yang terpilih akan sangat membantu upaya pengembangan ekonomi kreatif di Indonesia. "Kami sangat membutuhkan bukan hanya kualitas tapi kuantitas karena pekerjaan kami semakin lama semakin sibuk," kata dia di kantor Bekraf, Jakarta, Senin, 11 September 2017. Saat ini terdapat 477 pegawai di Bekraf yang terdiri dari 107 aparatur negara, 335 pegawai tidak tetap, dan 35 pramubakti.

Bekraf memiliki target untuk membuka lapangan kerja di sektor ekonomi kreatif untuk 17 juta orang. Lembaga itu juga menargetkan pertumbuhan Produk Domestik Bruto (PDB) dari ekonomi kreatif sebesar 6,75 persen dan ekspor bruto produk kreatif senilai US$ 21,5 miliar.

Triawan mengatakan Bekraf memiliki misi untuk membangun ekosistem yang mampu mendorong pertumbuhan usaha baru ekonomi kreatif. Misi lainnya adalah peningkatan nilai tambah produk ekonomi kreatif dalam perekonomian nasional dan menghasilkan produk unggulan yang terkenal dan digemari pasar global.

Untuk mencapai target tersebut, Triawan mengatakan penambahan personil sangat dibutuhkan. Triawan mengaku mendapat banyak permintaan dari anak-anak muda, baik lulusan S-1 hingga S-3, untuk berkiprah dalam ekonomi kreatif. Namun kesempatan untuk mendaftar CPNS tertutup selama ini.

Sekretaris Utama Bekraf, Mesdin Kornelis Simarmata, mengatakan Bekraf mendapat kuota 100 pelamar. Namun tujuh posisi lainnya akan dipenuhi dari Kementerian Keuangan sehingga lowongan CPNS hanya untuk 93 orang. Tujuh posisi tersebut berkaitan dengan keuangan.

Jabatan yang tersedia di Bekraf beragam mulai dari analis, assesor, hingga auditor. Mereka akan ditempatkan di delapan unit kerja. Unit tersebut antara lain Sekretariat Utama, Deputi Riset, Edukasi dan Pengembangan, Deputi Akses Permodalan, Deputi Infrastruktur, Deputi Pemasaran, dan Inspektorat. Selain itu, Deputi Fasilitasi Hak Kekayaan Intelektual dan Regulasi serta Deputi Hubungan Antar Lembaga dan Wilayah.

Untuk jabatan tertentu, 10 orang pelamar harus memenuhi kriteria cumlaude atau pelamar lulusan terbaik dari perguruan tinggi. Bekraf juga mengalokasikan dua kursi untuk penyandang disabilitas, dan seorang putra putri Papua dan Papua Barat.

Proses seleksi CPNS 2017 terdiri dari empat tahap. Tahapan tersebut antara lain seleksi administrasi, seleksi kompetensi dasar (CAT), seleksi dokumen fisik lamaran, dan seleksi kompetensi bidang. Informasi lengkap mengenai formasi serta pendaftaran dapat dilihat di http://www.bekraf.go.id/berita/page/17/pengumuman-penerimaan-cpns-bekraf.

VINDRY FLORENTIN