Bisnis, Jakarta - Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) akan menerima 93 pelamar terbaik dalam tes calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2017. Kepala Badan Ekonomi Kreatif Triawan Munaf memprediksi kesempatan itu akan banyak diambil generasi milenial.

Triawan mengatakan mendapat banyak permintaan dari anak-anak muda, baik lulusan S-1 hingga S-3, untuk bisa berkiprah dalam ekonomi kreatif. "Mereka relatif lebih peka terhadap perkembangan ekonomi kreatif," kata dia di kantor Bekraf, Jakarta, Senin, 11 September 2017. Namun kesempatan itu belum ada karena pendaftaran CPNS tertutup selama ini.

Sekretaris Utama Bekraf Mesdin Kornelis Simarmata mengatakan hasrat atau keinginan untuk berkiprah di sektor ini menjadi salah satu kriteria penting sebagai pegawai Bekraf. Dia menuturkan, pekerjaan di Bekraf tak terduga. Setiap hari banyak kondisi baru yang harus dilalui.

Tanpa hasrat, Mesdin mengatakan akan sulit bekerja dengan baik. "Bekerja tanpa passion akan merugikan diri pelamar dan lembaga tempat bekerja," kata dia.

Triawan menambahkan, hasrat yang tinggi diperlukan karena pegawai Bekraf menghadapi perubahan setiap hari. Pegawai Bekraf nantinya  akan banyak berhubungan dengan seniman. Dia berharap pegawai yang diterima juga memiliki kecerdasan dan interprersonal skill yang baik.

Pelamar akan menjalani empat proses tes CPNS 2017. Tahapan tersebut antara lain seleksi administrasi, seleksi kompetensi dasar (CAT), seleksi dokumen fisik lamaran, dan seleksi kompetensi bidang.

Setelah lolos, mereka akan ditempatkan di deputi teknis sebagai pelaksana kegiatan. Informasi lengkap mengenai formasi serta pendaftaran dapat dilihat di http://www.bekraf.go.id/berita/page/17/pengumuman-penerimaan-cpns-bekraf.

VINDRY FLORENTIN