Bisnis, Jakarta - Lapak Jokowi: Potensi Waralaba di Indonesia Besar

Ia menambahkan dalam pameran ini ada 18 negara yang ikut serta, dan 450 brand waralaba, serta lima vapiliun negara yang ikut berpartisipasi. Jumlah tahun ini meningkat dibandingkan tahun sebelumnya, yakni hanya 15 negara dan 350 brand.

"Tahun ini yang paling buming sebenarnya pangkas rambut pada pameran ini," ujarnya. "Tahun sebelumnya bisnis FnB sangat mendominasi."

Menurut Ella, angka transaksi pada pameran tahun ini diperkirakan bakal mencapai lebih dari Rp 900 miliar. Soanya, ia memperkirakan jumlah pengunjung yang datang akan meningkat 10 persen. "Tahun kemarin angka transaksi yang tercatat Rp 900 miliar. Sedangkan total pengunjung 17 ribu orang."

Lebih lanjut ia mengatakan nilai investasi franchise terendah pada pameran tahun ini Rp 25 juta untuk produk minuman. Sedangkan, yang paling tinggi mencapai miliaran rupiah. "Franchise klinik kecantikan bisa di atas Rp 1 milar," ujarnya.

Dalam pameran tahun ini para pengunjung yang datang akan mendapatkan promo menarik dari sejumlah waralaba. Salah satunya franchise ritel seperti Indomart yang menawarkan potongan 50 persen. "Diskonnya bisa sampai Rp 500 juta," ujarnya.

IMAM HAMDI