Bisnis, Jakarta - Pemerintah akan kembali membuka rute penerbangan baru yaitu dari Kupang, Nusa Tenggara Timur ke Darwin, Australia dan sebaliknya. Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi berharap rute tersebut bisa memperlancar ekpor ikan.

Menurut Budi, pemerintah masih mengkaji rencana tersebut. "Kami akan memastikan terlebih dahulu, segera kami lakukan survei mulai dari logistiknya dan juga penumpangnya," kata dia seperti dilansir dari keterangan tertulis, Ahad, 10 September 2017.

Selagi menunggu kajian, optimalisasi ekspor ikan tetap dilakukan. Pemerintah akan membuat pengiriman ikan dan barang ke Jakarta dan Surabaya terlebih dulu.

Budi mengatakan langkah tersebut bisa menambah keterisian barang angkutan balik tol laut. Selama ini, angkutan balik lebih banyak diisi penumpang. "Nanti kalau ikan besar-besar kami kirim ke luar negeri," ujarnya.

Menhub meminta kepada Gubernur Nusa Tenggara Timur untuk mengumpulkan para nelayan dan pedagang di Kupang secepatnya. Mereka akan diberikan sosialisasi mengenai rencana pemerintah itu.

Gubernur NTT Frans Lebu Raya menyambut baik upaya pengembangan perekonomian dan konektivitas di wilayahnya. Dia berharap rute penerbangan Kupang ke Dili dan Darwin yang sempat ramai pada era 1990 dapat segera dibuka kembali.

VINDRY FLORENTIN