NasionalPerusahaan Listrik Negara (PLN) secara serentak melakukan sosialisasi pelayanan ke para pelanggannya di 148 kota/kabupaten dari Sabang hingga Merauke pada Minggu, 10 September 2017.  Kegiatan ini dilakukan masih dalam rangkaian Hari Pelanggan Nasional.

Ssialisasi pelayanan PLN itu dilakukan area Car Free Day (CFD), lapangan terbuka, dan tempat-tempat keramaian lainnya. Untuk Jakarta, pelaksanaannya dipusatkan di Jalan M.H. Thamrin, Jakarta Pusat, dan diikuti oleh 1.000 peserta. Di sini, PLN melakukan sosialisasi layanan sekaligus mengadakan berbagai hiburan dan atraksi menarik dari komunitas listrik, live music oleh band ternama Indonesia, dan memberikan banyak hadiah menarik untuk para peserta CFD. "Alhamdulillah, hari ini kita hadir di Car Free Day dalam rangkaian kegiatan Hari Pelanggan Nasional yang dilaksanakan serentak di seluruh wilayah di Indonesia. Acara ini, untuk PLN lebih dekat dengan pelanggan dan mendengarkan suara pelanggan," ujar Direktur Bisnis Regional Jawa Bagian Barat PLN Haryanto WS.

Menurut Haryanto, sebagai wujud komitmen PLN dalam pengurangan emisi di tanah air, kesempatan CFD ini juga dimanfaatkan untuk mengenalkan Stasiun Penyedia Listrik Umum (SPLU) yang saat ini sudah tersebar di Indonesia sebanyak 875 unit. PLN juga mensosialisasikan penggunaan motor listrik dan mendemontrasikan cara pengisian listrik dengan memanfaatkan SPLU yang ada.

SPLU merupakan bentuk awal kesiapan PLN menyambut era kendaraan listrik yang akan menjadi tren di masa yang akan datang dan lebih berwawasan lingkungan.

Salah seorang peserta CFD, Rusdy (35), mengungkapkan bahwa keberadaan SPLU ini sangat membantunya karena mudah diakses dan ditemukan di tempat-tempat publik di Jakarta. "Saya senang sekali, PLN menyediakan fasilitas seperti SPLU di tempat-tempat publik. Hal ini sangat membantu saya sebagai pengguna motor listrik. Saya tidak khawatir lagi kalau kehabisan listrik di jalan, karena tinggal mencari SPLU terdekat," tuturnya.

Menyemarakkan CFD kali ini, PLN juga memberikan promosi token listrik prabayar gratis senilai Rp 20.000 bagi 100 ribu pelanggan yang telah mengunduh aplikasi PLN MOBILE dan mengaktivasi akun pada aplikasi tersebut. Promo ini berlaku bagi pelanggan listrik prabayar yang mengaktifkan aplikasi PLN MOBILE mulai dari 10-30 September 2017. Pelanggan akan menerima informasi bahwa mereka mendapatkan token listrik gratis maksimal H+2 hari kerja setelah pengaktivasian melalui menu Info PLN dari aplikasi. "Kami ingin mengapresiasi pelanggan yang telah mengunduh dan mengaktivasi PLN MOBILE. Untuk itu, kami memberikan promo menarik bagi pelanggan, yakni token listrik gratis senilai Rp 20.000 bagi 100.000 pelanggan pertama yang aktivasi mulai tanggal 10 September 2017," kata Haryanto.

PLN terus mengembangkan versi terbaru PLN MOBILE sebagai aplikasi berbasis Android dengan cara meningkatkan kualitas dari sisi layanan dan penggunaan yang lebih user friendly. Aplikasi yang sudah ter-download oleh lebih dari 170 ribu pengguna ini memiliki fitur yang dapat memudahkan pelanggan untuk mengakses layanan listrik dalam satu genggaman.

Dengan PLN MOBILE, pelanggan lebih mudah mendapatkan informasi seperti cek tagihan dan riwayat token, permohonan pasang baru, perubahan daya, penyambungan sementara. Kemudian cek status pengaduan dan permohonan, informasi tarif listrik terkini, berita terkini mengenai PLN, informasi pemeliharaan listrik, dan telepon Contact Center PLN 123 dengan Voice over Internet Protocol (VoIP).

"Sejak dirilis pada 31 Oktober tahun lalu, fitur-fitur pada aplikasi ini terus dikembangkan dan saat ini sudah masuk ke versi 2.1, dimana terdapat fitur baru bagi pelanggan yang dapat menghubungi customer service officer Contact Center PLN 123 tanpa melalui telepon rumah dan operator selular, namun dengan menggunakan Voice over Internet Protocol," ujar Haryanto.

Warga menyambut antusias adanya PLN MOBILE ini. Hal itu terbukti dari banyaknya warga yang mengunduh aplikasi tersebut dalam acara CFD hari ini. "Saya sangat merasa terbantu dengan adanya aplikasi PLN Mobile ini. Karena, kadangkala ada permasalahan dan kami bingung untuk melaporkan kemana. Tapi, dengan adanya aplikasi ini, saya dengan mudah mengakses informasi dan melakukan pengaduan di mana saja dan kapan saja," tutur Julianti (46).

Di hari ini, total pengguna yang mengunduh aplikasi dan log in mencapai 4.180 pengguna serta sebanyak 33.254 pengguna telah melakukan aktivasi. Aplikasi PLN MOBILE ini dapat diunduh pengguna smartphone Android melalui link https://goo.gl/6zXtBZ dan akan dikembangkan segera untuk aplikasi berbasis smartphone iOS. (*)