Nasional, Jakarta -Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Sohibul Iman meminta Presiden Joko Widodo menggelar Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Darurat Asean karena aksi nyata pemimpin de facto Myanmar, Aung San Suu Kyi dan pihak militer untuk menghentikan kekerasan terhadap etnis 4 Formula Indonesia untuk Selamatkan Rohingya

Menurut Sohibul, langkah diplomasi yang dilakukan oleh Menteri Luar Negeri RI (Menlu) Retno Marsudi patut diapresiasi dan didukung. "Akan tetapi, langkah soft diplomacy ini perlu ada timeline untuk bisa dievaluasi sudah seberapa jauh bisa menghentikan tindak kekerasan yang terjadi," ujarnya.

BACA: Krisis Rohingya, Hanya Indonesia yang Bisa Masuk ke Rakhine

Jika dalam waktu dekat tindak kekerasan masih tetap berlangsung, perlu ada langkah lanjutan yang lebih kuat. katanya. Menurut Shibul Naypyidaw memahami bahwa konsekuensi yang mereka hadapi bisa sangat berat jika tidak segera menghentikan kekerasan atas etnis Rohingya.

Sohibul juga menjelaskan PKS melalui Crisis Center for Rohingya (CC4R) saat ini secara intensif terus melakukan kajian dan evaluasi terhadap perkembangan situasi di  Rohingya.

BISNIS.COM