Bisnis, Jakarta - Direktur Utama PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Alex J. Sinaga mengatakan layanan konektivitas pelanggan Satelit Telkom 1 telah pulih 100 persen sejak Ahad pekan lalu.

Alex juga menyampaikan terima kasih untuk semua pihak yang telah mendukung upaya penyelesaian pemulihan pelayanan tersebut. "Sehingga bisa tepat sesuai dengan jadwal yang ditentukan, yakni 10 September 2017," ujarmya dalam jumpa wartawan di Gedung Kementerian Komunikasi dan Informatika, Jakarta Pusat, Selasa, 12 September 2017.

Alex mengklaim dengan pulihnya pelayanan konektivitas ini, maka sebanyak 15.019 sites pelanggan, baik 11.574 sites layanan ATM maupun 3.445 sites non-ATM telah pulih.

Lebih lanjut Alex menjelaskan, Telkom masih membuka layanan Crisis Center Service Recovery di kantor Telkom. Ia mengatakan fungsi dari layanan ini untuk memantau kestabilan kualitas layanan pelanggan pasca pemulihan konektivitas.

Selain itu, Alex akan berkoodinasi dengan pelanggan untuk mengembalikan solusi kontemporer ke solusi permanen secara bertahap. "Telkom juga berkerja sama dengan Kominfo untuk mengankan slot orbit 108 BT ke International Telecommunication Union (ITU)," ujarnya.

Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara juga menyampaikan ucapan terima kasih atas pulihnya Satelit Telkom. "Terima kasih kepada Telkom Group di lapangan atas totalitasnya memulihkan seluruh sites di berbagai lokasi, dari mulai perkotaan hingga daerah yang sulit dijangkau," katanya.

M JULNIS FIRMANSYAH