Bisnis, Jakarta - Nani Mawarni tidak menyangka bisa menjadi pemenang undian berhadiah naik haji dari dalam ajang Indonesia Internasional Book Fair 2017, Minggu, 10 September 2017. Ia datang ke pameran itu hanya untuk mengantar temannya.

Lembaga Ilmu Pengetahuan Islam dan Arab, yang menjadi penyelenggara pameran, memberikan undian berhadiah naik haji kepada pengunjung di Jakarta Convention Center. "Sejak hari pertama IIBF 2017 LIPIA membuka kesempatan undian berhadiah naik haji yang diundi setiap hari pukul 19.00," kata Sektretaris Panitia IIBF, Melvi.

Nani sebelumnya tidak mengetahui bahwa ada undian naik haji. Niat awalnya berkunjung ke IIBF untuk mengantarkan teman. "Sebenarnya tadi hampir tidak jadi (ke IIBF), karena di kantor ada acara lain, cuma karena sudah janji jadi saya paksain datang," kata Nani

Saat sedang berkeliling, telepon genggam temannya mati. Ia dan temannya segera mencari colokan untuk mengisi baterai. Di tempat mengisi baterai, mereka melihat ada beberapa orang sedang mengisi formulir. Dari situ mereka mengetahui ada undian berhadiah naik haji, tampa pikir panjang mereka langsung mengisi formulir tersebut.

Saat pengundian pertama, nama Nani tidak dipanggil, melainkan orang lain. Namun orang tersebut tidak ada di lokasi. Pada pengundian kedua di hari pertama nama Nani terpanggil.

"Saya langsung mengabari orang tua. Langsung dipeluk senang. Nangis bahagia. Langsung keluarga berkumpul. Seneng banget," kata Nani.

Menurut panitia, hadiah awalnya hanya untuk 10 orang, namun di hari terakhir saat Duta Besar Arab Saudi untuk Indonesia Osama bin Mohammed Abdullah Al Shaibi datang, hadiah ditambah 6. Total penerima hadiah ada 16 orang, belum termasuk jika perempuan yang mendapatkan boleh mengajak muhrimnya dan jika yang mendapat seorang anak dengan usia yang belum cukup dibolehkan mengajak orang tuanya.

"Kami memberikan hadiah naik haji pada pengunjung IIBF, karena kami ingin membuat orang senang dengan mewujudkan impiannya. Hal ini sejalan dengan perkataan Raja Salman mengenai apapun yang kamu memiliki kesempatan untuk membuat orang senang, lakukanlah. Dan ia membawa saya kepada masyarakat Indonesia, alhamdulillah," kata Osama bin Mohammed Abdullah Al Shuaibi.

Para pemenang akan berangkat naik haji tahun depan sebagai undangan khusus dari Kerajaan Arab.
HENDARTYO HANGGI