Dunia, Beijing - Empat bank besar  Cina menghentikan layanan keuangan bagi nasabah mereka asal Media Cina: Bank Cina Mulai Batasi Transksi Perbankan Korea Utara

Selama ini perbankan di Cina mendapatkan sorotan karena dianggap turut melakukan transaksi keuangan dengan Korea Utara, negara yang saat ini mendapatkan isolasi internasional.

"China Construction Bank menyatakan bahwa lembaganya menolak berurusan usaha dengan Korea Utara," kata salah seorang staf bank tersebut di Provinsi Lianoning.

"Pelarangan ini berlaku sejak 28 Agustus 2017," ucapnya.

Baca: Setelah Meksiko, Giliran Peru Usir Duta Besar Korea Utara

Pemerintahan Trump merasa frustasi setelah Cina dianggap tidak berbuat banyak untuk mengendalikan Korea Utara. Terkait dengan hal tersebut, Trump mempertimbangkan memberikan sanksi terhadap bank-bank kecil di Cina dan perusahaan lain yang melakukan bisnis dengan Pyongyang.

Seorang petugas layanan nasabah Industrial and Commercial Bank of China Ltd mengatakan, bank tempatnya bekerja telah menghentikan pembukaan rekening bagi warga Korea Utara dan Iran sejal 16 Juli 2017. Dia tidak menjelaskan alasannya ketika ditanya lebih lanjut.

Bank Cina lainnya yang menghentikan transkasi dengan Korea Utara adalah Bank of China Ltd dan Agricultural Bank of China Ltd. Ketika ditanya wartawan keempat pemimpin perbankan tersebut menolak memberikan keterangan.

REUTERS | CHOIRUL AMINUDDIN