Metro, Jakarta - PT Jasa Marga memprediksi arus balik libur panjang Idul Adha di Gerbang Tol Cikarang Utama meningkat 25 persen pada Ahad, 3 September 2017. Sedangkan pada kondisi normal arus kendaraan sebanyak 77.331. 

"Sebagai salah satu akses masuk menuju Jakarta yang berasal dari wilayah Jawa Barat, Jawa Tengah, dan sekitarnya, volume lalu lintas GT Cikarang Utama diprediksi 97.086 kendaraan," kata juru bicara PT Jasa Marga, Dwimawan Heru Santoso, pada Sabtu, 2 September 2017.

Jasa Marga terus mengimbau pengguna jalan agar mengatur jadwal perjalanan balik menuju Jakarta dan menggunakan uang elektronik untuk pembayaran tol. "Untuk mempercepat waktu transaksi," kata Dwimawan. "Dapatkan diskon 10 persen sampai dengan 3 September 2017 periode shift 3."

Jasa Marga pun menyiapkan antisipasi peningkatan lalu lintas selama libur Idul Adha di gerbang itu, seperti memaksimalkan 31 gardu operasional menuju Jakarta. Juga pengalihan kendaraan melalui GT Cikarang Barat 2 jika terjadi antrean di GT Cikarang Utama lebih dari 1 kilometer. Untuk mengurai kepadatan lalu lintas dari GT Cikarang Utama menuju Jakarta, Dwimawan menuturkan, Jasa Marga akan berkoordinasi dengan Kepolisian untuk melakukan contra flow mulai KM 29 sampai KM 21.

FRISKI RIANA