Metro, Jakarta - Selain di Masjid Istiqlal, Presiden Joko Widodo atau Jokowi juga menyumbangkan seekor sapi kurban Idul Adha 2017 di Masjid KH Hasyim Asyari, Daan Mogot, Jakarta Barat.

Panitia Kurban Masjid Hasyim Asyari Robert Kasakeyan menjelaskan, sapi kurban milik Presiden Jokowi ini merupakan sapi lokal dari Bedugul Bali dengan berat 900 Kg. Selain Jokowi, beberapa tokoh juga menyumbangkan hewan kurban di Masjid KH Hasyim Asyari, diantaranya Ketua Umum PPP Djan Faridz, Anggota DPR RI Charles Honoris, Departemen Perhubungan, Taufik Damas, dan dua sapi Lombok dari Chico Hakim.

Ketua Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Gusromgo menjelaskan bahwa total hewan kurban sampai saat ini di Mesjid Raya KH Hasyim Asyari, termasuk sumbangan dari Jokowi, berjumlah 15 hewan kurban, diantaranya 7 sapi dan 8 kambing. Pemotongan hewan kurban dilakukan setelah salat jumat dan akan didistribusikan di tiga titik pembagian hewan kurban dengan total 1.500 paket daging kurban yang akan dibagikan.

“Kami akan bagikan di tiga titik, satu di rusun pesakih ini dan dia titik lagi untuk warga di dua kelurahan sekitar Masjid Raya KH Hasyim Asyari,” ujarnya. Dia berharap dengan sistem pendistribusian seperti ini semua warga akan mendapat daging kurban Idul Adha secara merata dan tidak ada pihak yang merasa terlewatkan.

DEWI NURITA