Metro, Jakarta - Kepala Kepolisian Sektor Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Komisaris Harsono mengatakan sebanyak 272 personel dikerahkan untuk menjaga keamanan Kebun Bintang Ragunan selama liburan Idul Adha 2017.

"Itu semua personel gabungan. Ada dari Brimob, Sabara Polda, Intel Polda dan Polres, Krimimal Umum Polda dan Polres, Polwan, Propam, dan Pol PP," katanya di Kebun Binatang Ragunan, Jumat, 1 September 2017.

Menurut Harsono, personel gabungan tersebut menjaga keamanan Kawasan Kebun Binatang Ragunan dari pukul 08.00 hinggal 17.00 WIB. Dia menyatakan belum ada lonjakkan jumlah pengunjung yang signifikan hari ini karena diperkirakan warga Jakarta dan sekitarnya masih bersilaturahmi bersama sanak keluarga. "Sepertinya besok dan Minggu pengunjung meningkat," ujarnya.

Tempo melihat memang belum ada kepadatan lalu-lintas, kendaraan umum, dan pengunjung. Sedangkan pada pukul 15.00 jumlah pengunjung Ragunan mencapai 30.336.

Kepala Humas Kebun Binatang Ragunan Wahyudi Bambang mengatakan, jumlah tersebut tergolong biasa untuk akhir pekan.

Idul Adha. Luas Kebun Binatang Ragunan 147 hektare. Sebanyak 2.137 satwa dirawat di sana. Pengunjung saat ini tidak dapat membeli tiket dengan uang tunai melainkan menggunakan kartu Jcard yang dijual di loket tiket dengan harga Rp 30 ribu untuk tiket masuk lima pengunjung. Tarif tiket per orang Rp 4 ribu.

CHITRA PARAMAESTI