Metro, Tangerang - PT Angkasa Pura II (Persero) secara resmi mengganti Jasa Tenaga Angkut Porter di Bandar Udara Soekarno-Hatta menjadi Airport Help mulai hari ini, Jumat 1 September 2017, bertepatan dengan Hari Raya Idul Adha.

Layanan Airport Helper dan pengumpul troli ini resmi beroperasi hari ini di Terminal I,2 dan 3 Bandara Soekarno-Hatta. Layanan ini diberikan cuma-cuma alias gratis. "Semua gratis," kata Branch Communication Manager PT Angkasa Pura II, Bandara Internasonal Soekarno-Hatta, Dewando Prasetyo Nugroho pada Jumat, 1 September 2017. “Namanya juga helper. Tidak dikenakan biaya alias free of charge and no tipping.”

Prasetyo menekankan, sesuai namanya yakni Airport Helper maka bantuan yang diberikan tidak hanya soal angkat barang penumpang namun apa saja selama dalam wewenang Airport Helper. Sedangkan jumlah petugasnya sebanyak 805 orang.

Dia menjelaskan, selama ini terdapat tiga vendor yang menyuplai tenaga jasa angkut di area Bandara Soekarno-Hatta. Sebelumnya, PT Angkasa Pura Solusi, anak perusahaan PT Angkasa Pura II, yang mengatur pendapatan Porter mengandalkan tip dan target. Tapi sekarang personil Airport Helper diberikan gaji sesuai UMR.

Menurut Prasetyo, Airport Helper merupakan komitmen untuk menyempurnakan aspek layanan pengumpul troli di Bandara Soekarno-Hatta. Maka dia berharap para pengguna jasa pun tidak memberikan tip kepada Airport Helper di Bandara Soekarno-Hatta. Memang butuh waktu untuk mengubah mindset, baik para helper maupun pengguna, soal pemberian tip. “Jadi mindset-nya harus diubah. Bukan lagi meminta atau memaksa dibayar. Transaksi seperti itu sudah tidak ada lagi."

JONIANSYAH HARDJONO