Metro, Jakarta - Wali Kota Jakarta Utara Husein Murad mendatangi lokasi kebakaran dan pengungsian warga di Kelurahan Kalibaru, Jakarta Utara, hari ini, Jumat, 1 September 2017.

Husein memastikan kebutuhan dasar dari para korban kebakaran terpenuhi. "Kami akan mencukupi kebutuhan makan warga selama tiga hari," kata Murad kepada Tempo pada saat meninjau kios dan kontrakan yang terbakar. "Bantuan berupa selimut dan pakaian juga akan kami berikan."

Wali Kota juga menyatakan telah memerintahkan Dinas Sosial, Taruna Siaga Bencana (Tagana), dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) untuk memberikan bantuan kepada korban. Kelurahan Kalibaru wajib memastikan tersedianya fasilitas kesehatan dan kebersihan seperti mandi, cuci, kakus (MCK) bagi korban.

Kebakaran di komplek kios dan kontrakan di Pasar Kalibaru terjadi sekitar pukul 02.30 WIB dini hari tadi. Api yang melalap 48 bangunan tersebut dapat dipadamkan sekitar pukul 05.30. Satu warga meninggal bernama Adi yang diperkirakan tertidur saat kebakaran terjadi. Menurut Suku Dinas Damkar Jakarta Utara, kebakaran disebabkan oleh korsleting listrik.

Husein belum bisa memastikan angka pasti taksiran kerugian akibatkan musibah kebakaran tersebut. "Yang pasti ada 16 kios dan 32 rumah kontrakan terkena kebakaran," ucapnya.

Setelah mengunjungi lokasi kebakaran, Husein menuju tempat pengungsian korban di Sasana Krida Karang Taruna, Kelurahan Kalibaru. Di situ dia berbincang dan mendengarkan keluh kesah korban. Salah satu korban kebakaran bernama Uci menceritakan bahwa kontrakan yang terbakar itu adalah satu-satunya tempat tinggalnya. "Saya sudah nggak punya saudara juga, Pak," tuturnya kepada Wali Kota Husein.

MUHAMMAD NAFI'