Cantik, Jakarta - Kementerian Bermasalah dengan Kolesterol? Coba Diet TLC, Bonusnya Banyak)

Untuk kasus demam berdarah dilaporkan sebanyak 204.171 penderita dan kerugian ekonomi yang ditimbulkan bisa mencapai Rp986 miliar. Adapun, Kasus filariasis dilaporkan ada 13.009 penderita, dan diperkirakan mengakibatkan kerugian ekonomi masyarakat sekitar 36 Milyar.

''Upaya terpenting dari pencegahan penyakit tular vektor adalah pemutusan rantai penularan. Upaya ini dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu dengan  pengendalian vektor atau dengan pengobatan,''  ujarnya dalam keterangan resmi, Jumat 25 Agustus 2017.

Nila menjelaskan upaya pengendalian vektor lebih hemat dibandingkan dengan pengobatan, karena pengendalian vektor dilakukan sebelum orang jatuh sakit. Kerugian ekonomi akibat biaya pengobatan dan biaya hilangnya produktifitas penderita dan keluarga akibat timbulnya sakit dapat dihindari.

''Upaya pengendalian vektor dapat dilakukan di antaranya dengan menggunakan kelambu saat tidur, menanam tanaman anti nyamuk dan yang lebih penting menjaga lingkungan,'' imbuhnya. (baca: Tetap Bugar Meski Sibuk Kerja dan Sekolah? Ini Tip Kanaya Tabitha)

Nila melanjutkan upaya pencegahan lainnya dapat dilakukan dengan pemberantasan sarang nyamuk dengan menutup, menguras, dan memanfaatkan barang bekas yang masih bernilai ekonomis (PSN 3M). Selain itu,  juga melaksanakan upaya pengelolaan lingkungan untuk tetap bersih dan sehat.

"Tahun ini kita memperingati kembali Hari Pengendalian Nyamuk, karena pengendlian nyamuk dan vektor lainnya merupakan upaya penting dalam Pembangunan Kesehatan,'' tambahnya.

BISNIS.COM