Metro, Bekasi - Kepala Kepolisian Resor Metro Bekasi, Komisaris Besar Asep Adisaputra mengatakan siap melindungi warga Bekasi yang bertransaksi di Bank. Pasalnya nasabah di wilayah hukum Kabupaten Bekasi rentan dirampok.

"Kita bakal memberikan pengawalan kepada nasabah secara gratis tanpa melihat jumlah transaksi. Tak ada batas minimum. Kita tidak membeda - bedakan," ujar Asep kepada wartawan saat ekspos kasus perampokan spesialis nasabah bank di Mapolres Metro Bekasi, Jumat, 25 Agustus 2017.

Baca juga: Kisah Pengejaran Komplotan Perampok di Daan Mogot

Tim kobra merupakan tim yang khusus menangani kejahatan jalanan di wilayah Kabupaten Bekasi. Dibentuk pada awal 2017, tim ini disebut - sebut memiliki keahlian menembak dan dibekali senjata laras panjang.

Komandan tim Cobra Polres Metro Bekasi, Ajun Komisaris Besar Rizal Marito mengatakan, Cobra adalah singkatan dari creative, objective, berani, responsif dan antisipatif. "Tim ini dibekali kemampuan pengamanan orang penting dan keterampilan mengungkap kasus sulit," kata dia.

Baca juga: Rekonstruksi Perampokan Daan Mogot, Polisi Reka Ulang 34 Adegan

Asep mengatakan kelompok rampok asal Sumatera itu sudah enam kali beraksi di Bekasi dan sekali beraksi di Karawang. Berdasarkan data yang diterima Tempo, jumlah uang nasabah yang berhasil digasak kelompok itu mencapai Rp 630 juta.
"Kami sudah menangkap dua orang anggotanya, bahkan satu terpaksa kami tembak karena melawan petugas," kata Asep.

HISYAM LUTHFIANA