Gaya, Jakarta -  Jaspal Singh, M.D., pakar masalah tidur dari Carolinas Medical Center, North Carolina, Amerika Serikat menjelaskan, setiap orang harus fokus pada beberapa hal agar dapat mengantuk. Selain itu, ada dua faktor yang mempengaruhi kualitas tidur seseorang, yakni nutrisi dan  kesehatan mental.

Baca: Lima Jenis Makanan Ini Membuat Tidur Jadi Lelap

Nutrisi, tentu saja, termasuk diet. Namun Anda juga harus menghindari menyantap makanan berat saat makan malam, terutama makanan pedas dan berlemak. Konsumsi kafein juga harus dibatasi, dalam bentuk apa pun, sebut saja pil, soda, kopi dan minuman berenergi. 

“Kebanyakan orang tidak sadar berapa banyak kafein yang dikonsumsi atau berapa lama tubuh harus bekerja memecahnya,” ujar Singh.tidur.  “Butterfly stretch merupakan peregangan yang paling ideal sebelum tidur. Peregangan tersebut menargetkan punggung, pinggang, paha bagian dalam dan selangkangan. Pegang ujung kaki dengan tangan, saat (sedikit) membungkuk, Anda akan merasakan tarikan, terutama pada bagian punggung dan paha,” kata Singh.

 
MEN’S FITNESS | ESKANISA RAMADIANI